B-Boy Korea Curi Perhatian Remaja Indonesia


     Pertunjukan atraksi B-Boy yang menggabungkan gerakan break dance dan musik tradisional Korea oleh Myo Sung Dance Company menyita perhatian puluhan orang yang tengah berada di Pusat Perbelanjaan Senayan City, Senin (12/5) siang.

Sebagian besar penonton adalah anak-anak muda. Kalangan remaja putri bertepuk tangan dan berteriak histeris ketika satu per satu personil Myo Sung Dance Company naik ke atas panggung dan memulai atraksi mereka.

Enam anak muda asal Korea bergantian menunjukkan kebolehan dalam popping dan locking. Chadol, Kim Min Soo, Sung Min, Sung Joon, Dae Hyuk, dan Sol, semakin bersemangat ketika penonton terus bertepuk tangan setiap kali mereka melakukan gaya yang atraktif dan unik seperti handstand atau berjalan seperti robot.

Mereka kompak menari dalam kostum serba putih dipadu ikat pinggang lebar dari kain tradisional Korea. Keringat terlihat bercucuran di tubuh mereka. Beberapa menit saja bergerak, keringat mereka membasahi kostum putih longgar yang dipadu ikat pinggang kain tradisional Korea.

"Kami tidak menyangka tanggapan penonton sangat meriah dan antusias. Kami berlatih keras selama 1,5 bulan terakhir, minimal lima jam per hari, dan rasanya tidak sia-sia karena sambutan masyarakat Indonesia benar-benar membuat kami senang," kata salah satu personil, Kim Min Soo.

B-Boy ala Myo Sung Dance Company menawarkan pertunjukan break dance yang berbeda dengan B-Boy yang berkembang di Barat. Kelompok ini memadukan tari klasik, break dance, dan gerakan kontemporer menjadi satu. Iringan musiknya juga sangat variatif, mulai dari musik tradisional, repertoar klasik dari Mozart yang dimainkan dengan Gaya Gem (alat musik tradisional Korea yang dipetik seperti sitar).



Koreografer Jin Ho Seol mengungkapkan B-Boy tengah disukai anak-anak muda Korea saat ini. Sebagian besar kelompok B-Boy menari dengan iringan musik hip hop, rap, dan remix.

"Ada juga sebagian kelompok yang seperti kami, menggabungkan B-Boy dengan musik tradisi Korea atau musik klasik," kata Seol.

Kelompok B-Boy ini tampil di Jakarta dalam dua kali pertunjukan di pusat perbelanjaan yang berlokasi di Senayan. Pertunjukan pertama berlangsung pukul 13.30 WIB dna pertunjukan kedua pada 18.30 WIB. Masing-masing pertunjukan berlangsung selama 20-30 menit diakhiri dengan pelatihan singkat personil Myo Sung pada beberapa komunitas B-Boy di Jakarta.

Kelompok ini datang di Jakarta atas undangan Kedutaan Republik Korea. Mereka telah terkenal di negerinya sejak mulai berkiprah pada tahun 2002.

Penampilan anak-anak muda Korea ini mendapat sambutan hangat saat tampil di sejumlah pentas dunia di antaranya World Hip-hop Clan Event, The Edinburgh Fringe Festival, The Battle of the Year B-boy Competition, The R16 Korea Urban Arts Festival, dan UK B-boy Championships.

"Tubuh mereka sangat lentur dan gerakan-gerakannya tidak monoton, kadang meliuk dengan cepat, tapi juga sangat indah dalam gerak yang lambat. Pokoknya unik deh," demikian ujar B-Boy asal Bandung, Lina.

1 Response to B-Boy Korea Curi Perhatian Remaja Indonesia

  1. Unknown says:

    Annyeong... Hadiri KOREAN FESTIVAL di Politeknik Pajajaran (파자자란 기술 전문 대학) tgl 31 Jan '15 (jam 9-17) menampilkan K-POP, Traditional Dance & Choir Mahasiswa Mokwon University Korea (목원대학교). Acara GRATIS & terbuka utk umum. Ikuti pula Parade Cover K-Pop & Cover K-Dance oleh peserta Pelajar dan Umum & sesi Selfie dg mahasiswa Mokwon smile emoticon
    Untuk pendaftaran K-Dance & K-Pop ke POLJAN di Grand Surapati Core Jl. Phh. Mustafa 155 Bdg atau hubungi:
    - SMS/WA/Call: 0818 0201 5555 dan 082 115 776655
    - PIN BB: 232e1970
    - Twitter: @PoljanBdg
    - FB: fb.com/PoljanBdg
    Acara lainnya : K-Dance & K-Pop & Korean Traditional Dance (Hansamo Community), Flashmob, Korean Photo Booth, Korean Cooking Demo, Korean Face Painting, Korean Food Festival & Battle of Dance dari semua peserta & mahasiwa Mokwon Uni.

Posting Komentar